Sabtu, 25 Juni 2011

PRIHAL JODOH

Jodohku itu seperti apa???

Pertanyaan seperti itu pasti selalu terlintas di benak kita yang masih bertahan dengan status single. Pertanyaan siapa dia, dia dimana, dan seperti apa tanpa di sadari terkadang mengetuk-ketuk pintu hati. Ada perasaan gelisah dan khawatir.. akankah jodoh kita tidak sesuai harapan??

Firman Allah dalam QS An-Nur : 26 yang artinya :
"wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula)."

Dari ayat tersebut kita dapat menyimpulkan, sebelum meminta yang baik maka jadilah baik dulu, karena yang baik hanya untuk yang baik saja. Karena jodoh kita tidak lain adalah cerminan dari diri kita.
Itu berarti Jika kita inginkan yang shalih kita kudu berusaha jadi shaliha pula..
Sebelum kita mengharapkan Imam yang baik,, Kita pun harus bersedia jadi makmum yang baik bukan?? Jangan hanya menyibukkan diri dengan kriteria-kriteria dan tuntutan-tuntutan untuk calon pendamping kita, Tapi berusahalah jadi apa yang kita Kriteriakan dan kita tuntut tersebut, bISA?????

Ada yg bertanya :
Fulan : Tapi ukhty, saya sdh mencoba tapi hasilnya sia-sia.
Penulis : Lho.. Bukankah menjadi baik itu bukan untuk coba-coba, melainkan untuk di laksanakn dan di pertahankan. Kebaiakn itu tdk slalu di balas kebaikan oleh manusia, tp pasti di balas kebaikan oleh Allah.

Fulanah : tapi kalau kta dah usaha sebaik mungkin,taat,shalihah trus dpat suami yg berlawanan dengan qta apa itu cerminan dri qta?
Penulis: Mungkin kebaikan itu tdk terletak pd org yg kau pilih, melainkan jalan yg kau pilih (tidak pacaran) atau mungkin kebaikan itu terletak pada keikhlasanmu menerima ketentuan dr Allah.. Husnudzan selalu kepada-Nya.

Fulan : klo kita dh baik dah rjin solat rajin ibdah tpi dapetin cwe bawel,cwe ganjen,n cw yg suka ngobral cnta m orla,tu gmn?kta'a cnta cerminan diri kita?
Penulis :
Pada dasarnya apapun yg kita lakukan itu untuk mengharap rahmat dan ridha-Nya bukan? Tujuan utama kamu sholat,rajin ibadah,ngaji, itu untuk Allah bukan? Lalu apakah kita harus menyesal dengan semua amalan kita hanya karena jodoh kita tdk sesuai harapan? pd dasarnya baik atau buruk itu semua tetap bisa menjadi perantara kita meraih Surga . Maka dr itu Jika km hendak memilih Istri,, pilihlah yang baik agamnya.


Fulanah : tp knp kok ada wanita baik2 mndpt kn laki2 yg tdk baik..kalau bgto slah c'apa??apa itu bs d ktakn jdoh.
Brarti kasian wanita'y.
Adil kah?

Penulis:
Adil !! Allah Maha Adil.. Tidak ada yg salah, yg salah adalah apabila kita tdk ridha dng ketentuan-Nya dan cenderung menyalahkan Allah. Jika pasangan kamu baik itu hanya bonus dr Allah, Jika pasangan km tdk sesuai harapan meski km telah mnjadi baik, itu berarti Allah ingin menguji kesabarnmu, Jika pasangan kita baik namun kita mendzoliminya, justru akan mengundang Allah Murka, Namun jika pasangan kita berperangai buruk namun kita tetap menghargai dan sabar menerima Kehendak-Nya Niscaya Allah tdk akan menutup mata. Kebaikan itu tdk selalu di balas kebaikan, tp jangan berhenti menjadi baik dan berbuat baik.

Fulanah : klow jdohmu adlah cerminan drimu...Dan apkah mungkn jika dri yg masih blum bsa mjd hmba yg baik dhadapn-Nya tentu akan mendpt jodoh spt it pula atau bhkan lebih dr it...astaghfirullohal'adzim
Penulis:
Pada dasarnya dengan atau tanpa adanya nasihat yg mengatakan bahwa" Yang baik Akan Mendapatkan Yg baik" Kita harus tetap menjadi baik bukan? Jadilah baik bukan hanya karena ingin mendapatkan jodoh yg baik, tp karena ingin mendapat kebaikan dr Allah. Karena jika kita sudah benar-nbenar mencintai Allah, Kita tdk akan pernah menyalahkan-Nya atas apapun ketentuan-Nya untuk kita. Tetaplah berusaha menjadi yg terbaik, masalh hasil.. serahkan kepada Allah yg menentukan segalanya, jika kebahagiaan itu tdk kita dapat di dunia, semoga Kebahagiaan itu Allah hadiahkan di akhirat kelak,, Amiin.


Fulan :ukhti q mw tanya td d ktkn jodoh adlh cerminan diri,tp ada orng yg mngtkan crlh jdoh yg mmpyai sft yg berbda dgn kt?
Penulis?:
Yg di maksud cerminan diri bukan berarti dia sama persis seperti kita. Menikah itu mnyatukan dua hati,, mEnyatukan perbedaan, dan saling melengkapi ketidak sempurnaan. Yang di maksud cerminan diri itu biasanya pasti ada sifat dalam dirinya yg ada dalm diri kita. atau ketika kita adalah org yg penyabar dan Allah menjodohkan kita dng org yg pemarah, itu berarti Allah menghendaki kita untuk menjadi lebih sabar lagi, atau bisa jadi jodoh kita adalah ujian untuk kita. Wallahu'alam.

,"apakah manusia itu mengira bahawa mereka di biarkan saja mengatakan,"kami telah beriman,sedangkan mereka tidak di uji?Dan sesungguhnya kami telah menguji org2x yg ebelum mereka maka sesungguhnya Allah mengetahui org2x yg benar,dah sesungguhnya Dia mengetahui org2x yg berdusta" (Surah al-Ankabut,ayat 2-3.)


Siapapun jodoh kita nanti ,dialah orang yang telah Allah pilihkan untuk kita, Yang paling pantas untuk kita, dan paling baik untuk kita. Maka dari itu jemputlah jdohmu dengan jalan yang di ridhai-Nya bukan dengan jalan PACARAN yang di Murkai-Nya. Jika ia baik maka bersyukurlah.. Jika kurang baik bersabarlah... Tetap Berprasangka baik kepada Allah. Karena Allah adalah sesuai dengan Prasangka Hamba-Nya.


Ya Allah.. Penuhilah hati kami dengan Cahaya Cinta-Mu, agar tidak ada Cinta lain yang dapat membutakan mata hati Kami.
yA Allah.. Brikanlah kami Keistiqomahan dalam memperbaiki diri, Brusaha menjadi hambamu yang Shalih dan Shaliha..
Agar Kami pantas menjadi Pendamping hidup Seseorang yang menjadikan Cnta-Mu paling utama...

Amiiiin Ya Robbal Alamiiiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar