Jumat, 30 Desember 2011

DOA UNTUK BAYAR HUTANG

DO'A AGAR TERBEBAS DARI HUTANG

ALLAH memerintahkan kita, kaum muslimin wa muslimat agar berdo'a kepadanya. Jadi, selain sebagai sarana / jalan agar terpenuhi hajat, do'a juga bernilai ibadah. Ibadah adalah representasi penghambaan seorang hamba kepada Tuhannya.

ALLAH Maha Kaya. Allah Maha Kuasa lagi Maha Berkehendak. Allah Maha Pemberi Rizki. Allah Maha Kasih lagi Maha Sayang. Allah Maha Pengabul Do'a. Dengan segala sifat-sifat-Nya itu, apalagi yang kita ragukan untuk memohon dan meminta HANYA kepada-Nya.

Salah satu masalah yang sering membelit manusia adalah masalah HUTANG. Selain berikhtiar dan berusaha, maka hendaknya kita memohon kepada Allah ta'ala agar terbebas dari masalah hutang ini.

Dari Ali bin Abi Thalib radhiyallahu 'anhu meriwayatkan bahwa seorang budak mukatab (budak yang diberi kesempatan tuannya untuk menebus dirinya) datang kepadanya.

Ia berkata, "Sungguh, aku tidak mampu membayar tebusan diriku, maka tolonglah aku"

Ali radhiyallahu 'anhu berkata kepadanya, "Maukah kamu aku ajari kalimat-kalimat yang telah diajarkan Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam kepadaku? Seandainya kamu memiliki HUTANG sebesar gunung Shabr, niscaya Allah akan membayarkan hutangmu. Ucapkanlah:

ALLAHUMMAKFINII BIHALAALIKA 'AN HARAAMIKA WA AGHNINII BIFADHLIKA 'AMMAN SIWAAKA

(Ya Allah, cukupkan aku dengan yang Engkau halalkan dan jauhkan dari yang Engkau haramkan. Buatlah diriku kaya dengan anugerah-Mu sehingga tidak butuh kepada selain-Mu)

(HR. Tirmidzi, ia berkata hadist ini berpredikat hasan)

Hari Jum'at adalah hari yang istimewa. Ada waktu yang mustajab pdnya. Ada waktu-waktu yang juga mustajab dalam berdo'a, diantaranya setiap selesai shalat fardhu', sepertiga malam terakhir, ketika hujan turun, dlsb.

Yuk, kita perbanyak berdo'a. Karena hanya kepada Allah sajalah kita meminta pertolongan. Tidak kepada manusia. Manusia hanyalah obyek. Dia-lah yang berkuasa atas segala sesuatu. Dan Dia Maha Tahu apa yang terbaik bagi hamba-Nya...

Allahu'alam...

2 komentar: