Selasa, 14 Februari 2012

ARSIP KHOTBAH


إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ, وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. َأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَ بَارِكْ عَلَى نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ, وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ.
أَمَّا بَعْدُ: فَيَا عِبَادَ اللهِ أُوْصِيْكُمْ وَإِيَّايَ بِتَقْوَى الله, فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ.
فَقَالَ اللهُ تَعَالَى فِى الْقُرْآنِ الْكَرِيْمِ: يَااَيُّهَا الَّذِيْنَ اَمَنُوا اتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ اِلاَّ وَاَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ.

Ma`asyiral Muslimin Rahimakumullah
Marilah kita tingkatkan takwa kita kepada Allah Swt, karena tanpa ada peningkatan takwa, maka jati diri kita sebagai manusia yang sudah beriman akan kehilangan makna. Iman yang diharapkan bersemayam dalam dada seorang hamba Allah swt adalah iman yang mampu menggerakkan diri seorang hamba untuk melakukan aktifitas-aktifitas kebaikan dan menjauhkan diri kita dari setiap perbuatan yang mungkar. Bukan iman yang hanya berupa ungkapan penghias lisan, tidak juga angan-angan kosong yang mengisi benak kita, namun ia adalah cahaya yang menerangi, ruh yang menggerakkan dan amal yang membuktikan.

Dengan ibadah yang dilakukannya, seorang mukmin akan terjaga dari melakukan hal-hal yang diharamkan, dan ini sebagai bukti kebenaran imannya.
Dalam hal ini Rasulullah saw bersabda
اتَّقِ الْمَحَارِمَ تَكُنْ أَعْبَدَ النَّاسِ...
Jagalah dirimu dari hal-hal yang haram, niscaya kamu akan menjadi manusia yang paling menghamba (kepada Allah). (HR. Imam Turmidzi).

Hadirin sidang Jumat yang berbahagia
Hadits ini menekankan kepada setiap muslim agar menjaga dirinya dari apa-apa yang diharamkan, apabila ia berharap menjadi manusia yang paling menghamba kepada Allah, menjadi ahli ibadah yang paling hebat. Karena memang salah satu target terpenting dari ibadah adalah merealisasikan ketaatan mutlak kepada Allah swt dengan cara menjalankan perintah-Nya dan menjauhi hal-hal yang diharamkan-Nya.

Kenapa orang yang menjaga dirinya dari perkara haram menjadi pribadi yang paling hebat tingkat penyembahannya kepada Allah swt?
Hal ini karena memang salah satu ibadah yang terbaik adalah menjauhkan diri dari hal-hal yang haram, dan mencegah diri dari perkara haram adalah target utama setiap ibadah yang Allah perintahkan, sholat misalnya.
وَأَقِمِ الصَّلَاةَ إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ
Dan dirikanlah shalat, sesungguhnya shalat itu mencegah dari perbuatan keji dan mungkar.QS. Al-Ankabut : 45).
Hadirin sidang Jumat yang dimuliakan Allah
Disamping itu, ibadah juga memiliki fungsi penghapusan dosa jika ibadah itu dilakukan bersamaan dengan upaya menjauhkan diri dari melakukan perbuatan yang dilarang. Ketika seorang mukmin menjauhkan dirinya dari perkara yang dilarang, kezhaliman misalnya, maka ia akan menjaga keutuhan pahalanya, karena bagi mereka yang berbuat zhalim, di akherat kelak, terancam akan terkurangi pahalanya dan diberikan kepada mereka yang dizhaliminya. Demikianlah bagi mereka yang beriman dan menjaga dirinya dari perkara yang diharamkan akan menjadi manusia yang paling menghamba dan paling tinggi tingkat ibadahnya kepadaAllah swt.
Hadirin yang dirahmati Allah
Bagaimanakah cara kita menjauhkan diri dari perkara yang haram.. Ada beberapa sarana yang bisa digunakan seorang muslim untuk menjauhkan diri dari hal-hal yang diharamkan, agar ia menjadi manusia yang paling menghamba.

Pertama, Pengetahuan Tentang Perkara Yang diharamkan
Tanpa pengetahuan yang jelas tentang hakekat halal dan haram orang akan mudah terjerumus pada perkara yang haram. Mereka yang tidak memahami rambu-rambu akan mudah melanggar lalulintas. Oleh karenanya kuwajiban mencari dan menuntut ilmu menjadi satu kuwajiban sepanjang masa.

Kedua, Upaya Tazkiyatun Nafsu.
Seringkali pengetahuan saja tidak cukup untuk menjadikan seseoang menjahui perkara yang dilarang. Terbukti kebanyakan pencuri tahu bahwa perbuatannya adalah sesuatu yang dilarang baik oleh agamanya ataupun negara, namun tetap saja ia melakukanya. Yang menjadi pendorong terkuat bagi merka yang melakukan tindakan dosa adalah ketundukan dirinya pada nafsu dan syahwatnya serta kelemahan dirinya menghadapi rayuan syetan. Oleh karena itu upaya tazkiyatun nafs, melakukan pensucian jiwa dari hal-hal yang mengotori jiwa seperti membersihkan diri dari sifat tamak, dengki, iri kebencian, kikir, tidak Qana`ah dan penyakit hati lainnya, akan membuat seseorang terjauhkan dirinya dari malakukan perkara haram. Dengan jalan ini, seorang muslim akan mampu menepis rayuan setan dan menguasai senta mengendalikan dorongan syahwatnya untuk melakukan hal-hal yang dilarang oleh agama.

Ketiga, Penegakan Hukum
Hadirin yang berbahagia
Salah satu yang membuat seseorang mudah menjauhi perkara yang dilarang adalah ketika hukum itu ditegakkan. seorang penjahat akan mudah melakukan tindakannya bahkan terus mengulanginya jika tidak ada penegakan hukum yang benar atas kejahatan yang dilakukannya. Atau mungkin ditegakkan namun sekedar penegakan basa-basi yang masih sangat mungkin bagi para penjahat untuk mengakali hukum tersebut.
Demikian terkait masalah penegakan hukum dan pengaruhnya pada kehidupan, Allah swt berfirman:
وَلَكُمْ فِي الْقِصَاصِ حَيَاةٌ يَا أُولِي الْأَلْبَابِ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ
Dan dalam qishaash itu ada (jaminan kelangsungan) hidup bagimu, Hai orang-orang yang berakal, supaya kamu bertakwa.(QS. Al-Baqarah/2 : 179)

Keempat, Amar Ma`ruf Nahi Mungkar
Kadang, walau hukum telah ditegakkan, hukuman berat mengancan setiap mereka yang melakukan tindak kejahatan namum masih juga tidak memberikan efek jera kepada sebagian orang khususnya bagi mereka yang bisa berkelit dari jangkauan hukum. Maka kerjasama semua pihak sangat dibutuhkan, adanya upaya amar ma`ruf nahi mungkar, saling nasehat-menasehati akan membuat satu sama lain terjaga dari melakukan tindak kesalahan. Demikianlah betapa sangat dibutuhkan peran para da`i dalam masyarakat. Oleh karenanya Allah swt mengarisbawahi perlunya adanya sekelompok orang yang terus mengajak kepada kebaikan dan mencegah orang lain melakukan kemungkaran.
وَلْتَكُنْ مِنْكُمْ أُمَّةٌ يَدْعُونَ إِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَأُولَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ
Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar, merekalah orang-orang yang beruntung. (QS. Ali Imran/3 : 104(

Kelima, Berdoa kepada Allah swt
Diantara sarana yang penting untuk menjauhkan seseorang dari melakukan perkara yang diharamkan adalah DOA, memohon kepada Allah yang menguasai kondisi hati setiap hamba-Nya, untuk meneguhkan hatinya pada jalan kebenaran, menjauhkan diri dari kemungkaran. Ini semua karena sifat hati yang mudah berbolak-balik dan kecenderungan iman yang naik turun. Rasulullah saw mengajarkan kepada kita agar senantiasa berdoa:
يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوْبِ ثَبِّتْ قَلْبِي عَلبي دِيْنِكَ
Yaa..Muqallibal quluub ..tsabbit qalbi `ala diinik..
Wahai dzat yang menguasai berbolak-baliknya hati, teguhkanlah hatiku dalam (jalan) agama-Mu
Demikian khutbah singkat ini, semoga bekal iman dan Islam yang telah kita miliki akan membawa kita semua menjauhi perkara yang diharamkan dan menjadikan diri kita mudah melakukan amalan-amalan kebaikan sehingga kita menjadi pribadi mukmin yang paling menghamba kepada Allah Swt.
بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ. أَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ لِيْ وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ الْمُسْلِمِيْنَ مِنْ كُلِّ ذَنْبٍ. فَاسْتَغْفِرُوْهُ، إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ.
KHUTBAH KEDUA
الْحَمْدَ لِلَّهِ الَّذِيْ خَلَقَ اْلِإنْسَانَ فِي أَحْسَنِ تَقْوِيْمٍ . أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَ بَارِكْ عَلَى نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ, وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ.أَمَّا بَعْدُ: فَيَا عِبَادَ اللهِ أُوْصِيْكُمْ وَإِيَّايَ بِتَقْوَى الله, فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ.
فَقَالَ اللهُ تَعَالَى فِى الْقُرْآنِ الْكَرِيْمِ: إِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ يَآأيــُّهَا الَّذِيْنَ ءَامَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ سَيِّدِ الْمُرْسَلِيْنَ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِ التَّابِعِيْنَ وَتَابِعِيْهِمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ, وَارْحَمْنَا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَآأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.
 اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ واِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَأَصْلِحْ ذَاتَ بَيْنِهِمْ وَأَلِّفْ بَيْنَ قُلُوْبِهِمْ وَاجْعَل فِي قُلُوْبِهِم الإِيْمَانَ وَالْحِكْمَةَ وَثَبِّتْهُمْ عَلَى مِلَّةِ رَسُوْلِكَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمْ.
 اللَّهُمَّ حَبِّبْ إلَيْنَا الإيمَانَ وَزَيِّنْهُ فِي قُلُوْبِنَا وَكَرِّهْ إلَيْنَا الْكُفْرَ وَالْفُسُوْقَ وَالْعِصْيَانَ وَاجْعَلْنَا مِنَ الرَّاشِدِيْنَ.
رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْلَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّا مِنَ الخَاسِرِيْنَ. رَبَّنَا آتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ.
رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَ ِلإِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِاْلإِيْمَانِ وَلاَ تَجْعَلْ فِي قُلُوْبِنَا غِلاًّ لِلَّذِيْنَ آَمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ.
 عِبَادَ اللهِ, إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالإِحْسَانِ وَإِيْتَاءِ ذِى الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَخْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونْ فَاذْكُرُوا اللهَ يَذْكُرْكُمْ وَاسْـئَلُوْهُ مِنْ فَضْـلِهِ يُعْطِكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرْ.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar