Minggu, 21 Agustus 2011

AHLUL QUR'AN (AL-HAFIZD)

Berikut tips menghafal Al qur'an langsung dari sang hafidz Ustadz Hasbin Abdurrahim, beliau sudah hafal seluruh isi Al Qur'an

Sebelum Menghafal

1. Ikhlas dan niat sebelum menghafal dan menghayatinya semata-mata kerana Allah Ta'ala, dan menginginkan pahala yang berlipat ganda yang disediakan oleh Allah ta'ala di akhirat kelak.

2. Sebelum menceburkan diri dibidang menghafal, hendaklah terlebih dahulu membetulkan sebetul-betulnya sebutan huruf Al-Quran dengan sebaik-baik sebutan.

3.  Menggunakan mushaf/Al Qur’an tertentu saja semasa menghafal atau mengulang tanpa diubah-ubah.

4. Membuat batasan ayat atau halaman yang mampu dihafal dalam masa sehari.Misalnya menargetkan sepuluh ayat setiap hari atau satu halaman atau bisa ditambah/dikurangi dari target tersebut sesuai dengan kemampuan. Yang jelas target yang telah ditetapkan sebisa mungkin untuk dipenuhi. Setelah itu memulai hafalan pada baris yang pertama dengan bacaan tartil. Kemudian diulang beberapa kali tanpa pengurangan pada hukum tajwid dan wakaf.

5. Mengetahui maksud hubungan di antara satu ayat dengan yang lain. Ini juga menolong seseorang penghafal.

6. Tiap-tiap kali sebelum menghafaz hendaklah membaca doa

Ketika Sedang Menghafal

1. Coba menghafal di tempat-tempat yang agak sunyi seperti di masjid.

2. Coba menghafal di masa-masa yang segar dan tenang.

3.  Jika penat, berhenti rehat. Kemudian teruskan menghafal.

4.  Membaguskan hafalan, tidak boleh beralih hafalan sebelum mendapat hafalan yang sempurna. Hal ini dimaksudkan untuk memantapkan hafalan di hati. Dan yang demikian dapat dibantu dengan mempraktekkannya dalam setiap kesibukan sepanjang siang dan malam.

Setelah Menghafal

1. Bangun sepertiga malam, sekiranya tidak mampu pada pertengahan atau awal malam. Kemudian sholat lail dua-dua rakaat, pada dua rakaat pertama ulangi hafalan yang telah dihafalkan seperempat juz, sehingga dalam delapan rakaat, hafalan telah diulangi satu juz. Istiqamah dengan amalan ini, anda akan punya hafalan yang lancar Insya Allah.
2. Mengamati segala ayat yang ada persamaan dengan makna, lafadz dan susunan ayat-ayatnya karena dari 6236 ayat terdapat lebih kurang 2000 ayat yang ada persamaan.
3. Coba baca 2 halaman dalam masa 5 atau 6 menit tanpa satu kesalahan.
4. Setelah dihafalkan, coba perdengarkan kepada orang lain sekurang-kurangnya 2 atau 3 kali.
5. Coba dibaca dalam shalat sunnat pada setiap shalat rawatib.
6. Senantiasa mengulangi ayat-ayat atau surah-surah yang telah dihafalkan saat berkenderaan, santai, dan sebagainya.


ingat baik-baik !!!
Jangan sekali-kali anda menambah hafalan tanpa mengulang hafalan yang sudah ada sebelumya, karena jika anda menghafal al quran terus-menerus tanpa mengulangnya terlebih dahulu hingga bisa menyelesaikan semua al quran, kemudian anda ingin mengulangnya dari awal niscaya hal itu akan terasa berat sekali, karena secara tidak disadari anda akan banyak kehilangan hafalan yang pernah dihafal dan seolah-olah menghafal dari nol, oleh karena itu cara yang paling baik dalam meghafal al quran adalah dengan mengumpulkan antara murajaah (mengulang) dan menambah hafalan baru.


SELAMAT MENCOBA TIPS INI, SEMOGA BERHASIL.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar