Rabu, 13 November 2013

AMALAN PADA HARI ASYURA

AMALAN PADA MALAM/HARI ASYURA (10 MUHARRAM)

Alhamdulillah hari ini Rabu 13 November 2013 setelah masuk waktu maghrib kita akan memasuki malam Asyura (10 Muharram) yang begitu agung dan mulia. 

Karena begitu mulianya hari Asyura, maka sangat disayangkan apabila terlewat begitu saja tanpa diisi dengan amaliah ibadah, di antaranya dengan banyak berdoa. 

Ada amalan-amalan malam Asyura yang disebutkan oleh para ulama dalam kitab-kitab mereka. Diantaranya, SYAIKH ABDUL HAMID KUDUS menyebutkan dalam kitabnya, KANZ AN-NAJAH WA AS SURUR,

Bahwa di antara yang dianjurkan untuk diamalkan pada saat Asyura adalah menghidupkan malamnya dengan membaca Al-Qur’an atau mendengarkannya, juga membaca doa-doa dan dzikir-dzikir tetutama yang berasal dari Nabi SAW.

Sayyid Muhammad Qautsullah berkata dalam kitabnya Al-Jawahir ; "Siapa yang membaca : "HASBIYALLAHU WANI'MAL WAKIIL NI'MAL MAULA WANI'MANNASHIIR" sebanyak (70 X) tujuh puluh kali pada MALAM/HARI ASYURA,

Kemudian membaca do'a di bawah ini SEBANYAK 7X, maka Allah Swt tidak akan mematikannya pada tahun itu. Tetapi bila ajalnya sampai pada tahun itu' tidaklah ia diberi taufik membacanya.

Inilah Do’a malam/hari 10 Muharram:

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIIM…
SUBHAANALLAAHI MIL’AL MIIZAAN WAMUNTAHAL ‘ILMI WAMABLAGAH-RRIDHAA WAZINATAL ‘ARSY LA MAN-JAA WALA MAL-JAA MINALLAAHI ILLA ILAIHI.

SUBHAANALLAHI ‘ADADASSYAF’I WAL WATRI WA’ADADA KALIMATIHI-TTAAMMAATI KULLIHA. AS-ALUKASSALA-MATA BIRAHMATIKA YAA-ARHAMARRAAHIMIIN,

WALAA HAWLA WALA QUWWATA ILLA BILLAHIL ‘ALIYYIL ‘ADZIIM WAHUWA HASBII WANI’MAL WAKIL

NI’MAL MAULA WANI’MANNASHIIR. WASHALLALLAAHU ‘ALA NABIYYINA KHAIRIL KHALQIHI SAYYIDINA MUHAMMADIN WA’ALA AALIHI WASHAHBIHI AJMA’IIN.

Artinya:
"Mahasuci Allah sepenuh mizan, seujung pengetahuan, sepuncak keridhaan, dan seberat arsy'. Tidak ada tempat belirdung dan meminta pertolongan dari siksa Allah kecuali dengan mendekat kepada-Nya'

Mahasuci Allah sejumlah segala yang genap dan ganjil dan sejumlah kalimat Allah yang sempurna semuanya. Aku memohon kepada'Mu keselamatan, dengan Rahmat-Mu, wahai Yang Paling Pengasih di antara yang pengasih.

Dan tidak ada daya dan upaya melainkan dengan izin Allah, Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung, Dan cukuplah Dia bagiku, Dan Dia lah sebaik-baik yang membantu, sebaik-baik yang mengurus, dan sebaik- baik yang menolong.

Semoga Allah melimpahkan rahmat dan kesejahteraan-Nya kepada Nabi kami, sebaik-baik makhluk-Nya, Nabi Muhammad, beserta keluarga dan Para sahabatnya.@..Aamiin ya Rabbal ‘Aalamiin.

Wallahu 'alam bishowab..Majelis At-Thahiriyah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar